Sunday, March 22, 2009

Senam Hamil Session 2,3

Senam hamil itu ternyata emang bikin enak di tubuh ya.. dan gerakannya selalu bervariasi dari minggu ke minggu, bahkan kadang ada gerakan dari senam pilates yang diambil juga. Wis dijamin aku gak bakalan hafal satu per satu gerakannya. Paling paling cuma beberapa gerakan yang memang diterangkan ada "fungsi khusus" yang aku hafal baik baik :)

Gerakan Merangkak
Posisi seperti merangkak, tangan dibuka sejajar bahu, punggung lurus, pandangan lurus ke depan. Ambil nafas dari hidung sambil melihat ke arah perut, punggung dilengkungkan ke atas pantat ditarik masuk, perut dikunci, tahan beberapa saat. Keluarkan nafas dari mulut sambil kembali ke posisi semula. Gerakan ini berfungsi untuk membantu bayi turun/ menempati posisi lahir :)

Gerakan Meditasi
Posisi duduk bersila, punggung tegak tapi tetap rileks, tangan ditaruh di atas paha/ lutut, mata terpejam, atur nafas panjang teratur (ambil dari hidung, keluar dari mulut), rileks-kan pikiran n tubuh, lebih enak sambil mendengarkan alunan musik klasik/ yang slow-lah pokoknya. Fungsinya untuk menenangkan pikiran, apalagi saat kontraksi dateng (saat pembukaan 1-10).

Gerakan Sujud
Posisinya persis seperti sujud gitu, bsa juga tangannya diluruskan ke atas di samping kepala, tentunya sambil bernafas yang teratur, dan tetap rileks, jangan lupa di hati sambil terus berdoa ya.. :) Posisi ini bagus terutama untuk bumil yang bayinya belum "mapan" alias kepala belum di bawah (bayi lintang/ bayi sunsang) biar cepet mapan gitu :D

Gerakan seperti mau melahirkan
Wahhh yang ini nih yang paling susah, apalagi klu perut dah sangat buncit begini :P Posisi tidur telentang, kedua kaki dibuka selebar mungkin lalu diangkat ke arah dada dan ditahan oleh kedua tangan (lekukan lutut bertemu lekukan siku). Ambil nafas panjang dari hidung lalu hembuskan dari mulut *ini klu latihan ya..klu beneran jangan dihembusin, tapi mengejan :P*. Trus usahakan untuk bsa mengangkat kepala sambil melihat ke arah jalan lahir, ini penting, jadi yang diangkat kepalanya bukan pantatnya, biar jahitannya ndak kayak diobras saking banyaknya. *bismillah..smoga kelak kita berdua bsa menjalani proses persalinan dengan baik dan benar serta lancar ya Nak.. amiin..*

Gerakan tidur miring kiri
Yaaa... klu yang ini seperti miring ke kiri gitu aja seperti biasa. Cuma tangannya ditaruh di belakang punggung, kaki kiri (kaki yang di bawah) lurus, sedangkan kaki kanan seperti memeluk guling dan ditekuk ke arah lutut kiri. Tangan kanan di depan dada, pejamkan mata. Rasakan gerakan bayi kita di dalam dan rileks-kan pikiran dan tubuh. Gerakan ini sangat disukai bayi kita, karena saat miring ke kiri supply makanan sangat lancar kepadanya, plus kandung kemih kita ndak tertekan, jadi ndak gampang kebelet pipis gitu deeehhh.. :D

Hhhmmmm, sementara ini baru beberapa itu yang teringat fungsinya, smoga lain kali bsa memperpanjang list-nya, amiin.. :)

*Semangat menunggu hari Sabtu.. saatnya senam hamil lagi, n melihat berapa kilo aku naek seminggu ini, huehhehehe... (pssssttt, sampe saat ini aku dah naek 9 kg dari semenjak hamil, menyentuh angka 60 kg, woehehehhehe, ayo Papa.. beratku n de2k hampir menyusulmu lho... :P)

0 komentar: